Seri Memulai Bisnis Kontraktor - Pengantar

Setiap tahun kebutuhan akan sebuah tempat tinggal, yakni rumah selalu mengalami peningkatan. Maraknya pembangunan perumahan saat ini membuat beberapa orang tergiur untuk memiliki sebuah rumah. Tawaran dari beberapa developer yang menarik, keringanan bunga yang ditawarkan oleh pihak bank pemberi pinjaman membuat rumah menjadi sesuatu yang mudah untuk digapai.

Memiliki rumah dengan desain yang diinginkan adalah impian semua orang. Permasalahan yang timbul adalah, tidak semua orang mampu membangun rumah dari awal sesuai dengan yang diinginkannya. Hal ini disebabkan masyarakat lebih mampu untuk membeli rumah yang ada di perumahan dimana desain dan bentuk rumah sudah jadi. Selain hal tersebut, membuat rumah sesuai dengan impian kita membutuhkan waktu yang cukup melelahkan, merepotkan dan menyita waktu. Faktor utama yang sering dikeluhkan selain waktu adalah estimasi biaya, tidak semua orang mampu menghitung estimasi biaya yang dibutuhkan untuk mewujudkan desain rumah yang diharapkan (diluar kemampuan kepemilikan dana).

Bagi orang yang tidak memiliki waktu dan kemampuan melakukan estimasi biaya, hal ini bisa ditangani oleh pihak kontraktor. Profesi ini membantu orang untuk membangun rumah sesuai dengan keinginan klien. Pekerjaan yang mereka lakukan mulai dari merancang desain, mengurus surat Izin Mendirikan Bangunan (IMB) dan kelayakan bangunan, melakukan estimasi biaya, menyediakan material bahan bangunan hingga membangun rumah impian dari klien.

Bisnis kontraktor merupakan bisnis yang bisa dihitung cukup menggiurkan. Hal ini disebabkan meningkatnya bisnis perumahan, meningkatnya keinginan orang untuk membangun rumah dengan desain yang berbeda, sedikitnya waktu yang dipunyai oleh klien dikarenakan kesibukan yang cukup padat, dan kecepatan serta efisiensi pembangunan.

Tulisan ini mengawali seri dari tulisan saya yang akan mengulas memulai bisnis kontraktor dari awal. Doakan saja tulisan berikutnya akan segera bisa saya wujudkan. Agar tulisan saya nantinya dapat memiliki kualitas yang bagus, saya berharap saran, kritik dan masukan dari Anda semua (cukup tulis di comment saja). Ok.. sekian dulu, kapan-kapan akan saya sambung lagi.

Popular Posts