Metropolitan di Indonesia

Tanpa sengaja saya menemukan buku ini di Perpustakaan Kementerian Pekerjaan Umum dan bisa didownload secara gratis dan saya ingin berbagi buku ini agar semua orang dapat mengenal tentang Metropolitan di Indonesia baik dalam kenyataan dan tantangan dalam penataan ruang. Buku ini terdiri dari tiga bagian besar, yaitu bagian pertama bertajuk tentang Kawasan Metropolitan : konsep dan definisi; sedangkan bagian kedua bertajuk tentang Kawasan Metropolitan di Indonesia,  dan bagian ketiga bertajuk tentang Penataan Ruang Kawasan Metropolitan.

Bagian pertama dimaksudkan sebagai penyatu pandangan mengenai definisi metropolitan, yang dipakai dalam diskusi dan analisis dalam bagian pertama dan kedua buku. Pada bagian ketiga definisi baru mengenai kawasan metropolitan untuk Indonesia dirumuskan berdasarkan diskusi-diskusi pada bagian sebelumnya. Bagian pertama ini terdiri dari dua bab; Bab 1 menguraikan isi buku secara keseluruhan dan definisi metropolitan serta memberikan gambaran mengenai metropolitan di dunia, struktur tata ruang dan persoalan yang dihadapi metropolitan di dunia.

Bagian kedua, dengan mengacu pada pengertian metropolitan yang telah dijelaskan di bagian pertama, menguraikan persoalan dan tantangan serta kemungkinan kebijakan sektoral untuk menjawab persoalan-persoalan tertentu pada metropolitan di Indonesia. Bagian kedua ini terdiri dari empat bab, yang di mulai dari Bab 3 yang menggambarkan, berdasarkan data-data sekunder, mengenai sejarah pembentukan, perkembangan, dan persoalan yang dihadapi metropolitan di Indonesia. Selanjutnya pada Bab 4, secara umum membahas mengenai persoalan kependudukan, sosial ekonomi, infrastruktur dan hukum serta kelembagaan yang dihadapi oleh metropolitan di Indonesia, Tiga bab berikutnya; Bab 5, 6 dan 7, membahas secara lebih mendalam persoalan kependudukan dan sosial ekonomi, infrastruktur dan lingkungan serta hukum dan kelembagaan.

Bagian ketiga dimaksudkan sebagai penutup yang menunjukkan usulan dan pandangan mengenai bagaimana sebaiknya penataan kawasan metropolitan dalam pelaksanaannya.

Popular Posts